DETAIL ARTIKEL 7 No 2 (2017)


MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA MELALUI MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA KONSEP SUMBER DAYA ALAM

Penulis :
Sopyan Hendrayana


ABSTRACT

This research is motivated by the low of understanding of students about the concept of SDA (Sumber Daya Alam/Natural resources) in the fourth grade of SDN Cikalang and is not used to perform realistic solutions in daily life. In other words, learning has not been able to improve rational thinking skills. Sekaitan with these problems then the problem in this study as follows. 1) Students' learning activities during SDA learning using STM model, 2) Student's scientific attitude during  learning  SDA  concept  using  STM  model,  3)  Rational  thinking  skill  of students in natural resource learning using STM model. Solving the problem by applying the STM model in improving students' rational thinking skills, supported by learning activities and scientific attitudes. This research was conducted using Elliot model and supported by observation method, discussion and demonstration. Based on data obtained from the average results of the process of learning activities of students in detail are: cycle I of 2.89, cycle II of 3.09, and cycle III of

3.31. Students' scientific attitudes in detail are: cycle I of 2.86, cycle II of 3.05, and third cycle of 3.28. While the result of rational learning skill rational learning skill by using STM model in every cycle that is: cycle I equal to 66.94, cycle II equal to

72.90, and cycle III equal to 79.85. Thus, it can be concluded that in science learning in elementary school using the STM model can improve students' rational thinking skills supported by the development of learning activities and scientific attitude.

Keywords : Scientific Process Skills (KPS); Rational Thinking; and Community Technology Science (STM).

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan masih rendahnya pemahaman siswa tentang konsep SDA di kelas IV SDN Cikalang dan tidak terbiasanya melakukan tindakan pemecahan yang realistis dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, pembelajaran yang dilakukan belum mampu meningkatkan keterampilan berpikir rasional. Sekaitan dengan permasalahan tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut. 1) Aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran SDA dengan menggunakan model STM, 2) Sikap ilmiah siswa selama pembelajaran konsep SDA dengan menggunakan model STM, 3) Keterampilan berpikir rasional siswa dalam pembelajaran SDA dengan menggunakan model STM. Pemecahan masalahnya dengan menerapkan model STM dalam meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa, dengan didukung aktivitas belajar dan sikap ilmiah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Elliot dan didukung metode pengamatan, diskusi serta demonstrasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil rata-rata nilai proses aktivitas belajar siswa secara rinci yaitu: siklus I secara rinci yaitu: siklus I sebesar 2.86, siklus II sebesar 3.05, dan siklus III sebesar 3.28. Sedangkan hasil evaluasi keterampilan berpikir rasional pembelajaran IPA dengan menggunakan model STM pada setiap siklus yaitu: siklus I sebesar 66.94, siklus II sebesar 72.90,  dan siklus III sebesar

79.85. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA di SD dengan menggunakan model STM  dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa dengan didukung aktivitas belajar dan sikap ilmiah.

Kata kunci : Keterampilan Proses Sains (KPS); Berpikir Rasional; dan   Sains Teknologi Masyarakat (STM).