DETAIL ARTIKEL 7 No 2 (2017)


PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MAHASISWA YANG PERAKTIK DI LABORATORIUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Penulis :
Aries Setia Nugraha


ABSTRAK

Kemampuan berbahasa dikalangan mahasiswa penting adanya. Bercerita dengan alat peraga dapat digolongkon sebagai kegiatan berbicara yang kreatif.  Kemampuan berbahasa seseorang dalam pelaksanaannya dabat dilihat dari kemampuannya menyandikan lambang-lambang tulis menjadi lambang lisan. Sekaitan dengan hal tersebut kemampuan kreatif dalam bidang bahasa lisan adalah dengan bercerita. Penggunaan alat peraga dapat  meningkatkan keparcayaan diri dan kesukaan terhadap kegiatan ini. Berdasarkan hasil penelitian sederhana didapatkan rata nilai hasil siswa adalah 4,03 berdasarkan sekala penilaian 5 = baik sekali, 4= baik, 3 = cukup, 2 = Kurang, 1 = Kurang  sekali.  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  rata-rata  penilaian  dapat  dikategorikan  pada kategori baik. Paparan dan hasil pengolahan data penelitian maka, alat peraga merupakan media efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bercerita. Tanpa disadari seorang pendongeng akan merasa percaya diri dan yakin membawakan cerita saat kepercayaan diri tumbuh dalam dirinya. Penggunaan alat peraga pada hakikatnya mampu menimbulkan minat untuk bercerita.

kata kunci:  Bercerita, Alat Peraga, Keterampilan, Berbicara, Bahasa

 

ABSTRACT

The ability to speak in the classroom-a student is important. Storytelling with props can be classified as a creative speaking activity. One's speaking ability in the execution of a dabat is seen from his ability to encode symbols of writing into oral symbols. Associated with that creative ability in the field of spoken language is the story. The use of props can enhance self-assurance and preference for this activity. Based on the results of a simple study obtained the average student outcome is 4.03 based on the assessment 5 = very good, 4 = good, 3 = enough, 2 = less, 1 = reduce once. then it can be concluded with the average assessment can be categorized in either category. Exposure and the results of data processing research then, props is an effective medium that can be used to improve the ability to tell stories. Without realizing a storyteller will feel confident and sure to bring the story when his confidence grows in him. The use of props is essentially capable of generating interest in story telling.

Key words: Storytelling, Display Tools, Skills, Speak, Language