Home

Pengabdian pada Masyarakat

Pelaksanaan kegiatan PkM DTPS telah dilaksanakan berdasarkan pada peta jalan (roadmap) PkM sebagai berikut:

Pelaksanaan PkM berdasarkan pada roadmap

Kegiatan PkM DTPS merupakan implementasi hasil penelitian yang telah dilakukan. Adapun fokus kegiatan PkM setiap DTPS ditentukan berdasarkan research group yang telah disepakati.

  • Pemahaman Visi dan Tujuan: Memahami dengan jelas visi dan misi FKIP Unpas yang diturunkan menjadi visi dan tujuan yang ingin dicapai prodi Pendidikan Matematika FKIP Unpas dalam mengembangkan ilmu pendidikan.
  • Identifikasi Fokus PkM: Berdasarkan visi dan tujuan prodi, menentukan bidang fokus penelitian yang paling relevan dan mendukung pengembangan Pendidikan Matematika FKIP Unpas. Selanjutnya membangun roadmap penelitian/ PkM dengan memperhatikan research group berdasarkan bidang keahlian. (Link terkait).
  • Tujuan PkM: Menentukan tujuan PkM yang mendukung pencapaian visi dan tujuan prodi Pendidikan Matematika FKIP Unpas dalam pengembangan pendidikan matematika yang mutakhir.
  • Kerangka Konseptual: membangun kerangka konseptual PkM melalui integrasi teori dan praktik pendidikan matematika.
  • Kolaborasi dalam Research Group: (1) Pertukaran Ide: Terlibat dalam diskusi dan pertukaran ide dengan anggota research group. Diskusi tentang topik PkM, masalah yang dihadapi, dan potensi kontribusi PkM. (2) Kolaborasi dalam PkM: Kolaborasi dengan rekan dosen dan mahasiswa dalam research group untuk merancang dan melaksanakan PkM bersama. (3) Pertemuan Rutin: diadakan pertemuan rutin research group untuk memperbarui perkembangan PkM, saling memberikan umpan balik, dan berbagi informasi terkait PkM.
  • Perencanaan dan Pelaksanaan PkM: (1) Konsistensi dengan Peta Jalan: memastikan rencana PkM sesuai dengan peta jalan prodi. Selaras dengan visi dan tujuan prodi, pastikan bahwa permasalahan PkM, metode, dan tujuan PkM telah terintegrasi dengan baik. (2) PkM Kolaboratif: Jika memungkinkan, lakukan PkM kolaboratif dengan institusi lain baik dalam dan luar negeri. Kolaborasi ini dapat memperkaya analisis data dan interpretasi hasil.
  • Pengumpulan, Analisis Data, dan Pelaporan: (1) Keterkaitan dengan Prioritas Prodi: pengumpulan dan analisis data yang diperoleh  mendukung tujuan prodi serta memberikan wawasan yang dapat diadopsi dalam pendidikan matematika. (2) Pelaporan Hasil: Dosen menyusun laporan PkM, dan memastikan bahwa temuan dan kesimpulan terkait dengan visi dan misi prodi. Menyebarkan hasil PkM dalam forum internal dan eksternal, termasuk presentasi di seminar dan publikasi dalam jurnal. (3) Diseminasi Hasil: mengkomunikasikan hasil PkM melalui presentasi pada seminar, serta publikasi baik dalam maupun luar negeri.
  • Evaluasi dan Dampak: (1) Evaluasi Terhadap Peta Jalan: Setelah PkM selesai, dilakukan evaluasi terhadap sejauh mana PkM yang dilakukan mencapai tujuan yang sesuai dengan peta jalan prodi. (2) Kontribusi Terhadap Research Group: Prodi mengevaluasi kontribusi dosen dalam research group PkM untuk pencapaian tujuan bersama. (3) Dampak terhadap Prodi: merefleksikan dampak PkM dosen terhadap pengembangan prodi Pendidikan Matematika Unpas dan pendidikan matematika secara keseluruhan.

 

Rencana Induk Penelitian (RIP) 2022-2026 Unpas dapat diakses melalui tautan:

Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian FKIP Unpas dapat diakses melalui tautan:

Buku Panduan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dapat diakses melalui tautan:

*Akses dibatasi dan dapat menghubungi Program Studi untuk mendapatkan akses.

Terima Kasih.