DETAIL ARTIKEL 7 No 2 (2017)


KAJIAN KODE BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA DALAM KUMPULAN CERPEN PILIHAN KOMPAS 2013 SEBAGAI PEMILIHAN BAHAN AJAR PROSA FIKSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FKIP UNPAS BANDUNG

Penulis :
Setiawan Setiawan


Abstrak

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik cerpen Kompas 2013 melalui pendeskripsian hasil analisis sistem kode dan pemananfaatan sebagai bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis, artinya setiap data yang diperoleh dianalisis. Data kualitatif diperoleh dari hasil analisis terhadap karya sastra sesuai menurut teori telaah sastra. Berdasarkan hasil analisis terhadap kode bahasa, empat cerpen pilihan kompas mempunyai karakteristik kode bahasa yang berbeda satu sama lainnya. Kode sastra, tergambarkan pada ragam gaya bahasa yang dibuat pengarang. Kode budaya dalam empat cerpen ini memiliki unsur-unsur budaya  seperti sistem kepercayaan,  sistem kemasyarakat  dan sistem mata pencaharian hidup. Nilai-nilai dalam empat cerpen terdiri atas nilai moral, nilai sosial dan nilai agama/religius. Data kuantitatifnya  dilihat  dari aspek  hasil  analisis  mahasiswa  dengan  nilai  tertinggi  90  dan  nilai terendah 50. Selanjutnya, berdasarkan analisis kode bahasa, kode sastra dan kode budaya terhadap cerpen dan pedoman kriteria pemilihan bahan ajar, serta pemikiran dosen mata kuliah,  maka cerpen pilihan kompas 2013, dapat diandalkan sebagai materi atau bahan ajar karena mengandung nilai-nilai berdasarkan hasil analisis.

Kata Kunci:Kode Bahasa, Kode Sastra, Kode Budaya, dan Bahan Ajar.

 

Abstract

This research is intended to know the characteristics of short stories Kompas 2013 through the descriptions of code analysis and utilization of the results as teaching materials. This research uses descriptive-analytical method, meaning that every data obtained is analyzed. Qualitative data obtained from the analysis of literary works according to the theory of literature review. Based on the results of the analysis of the language code, four short stories of compass choices have the characteristics of different language codes with each other. Literary code, depicted on the variety of styles made by the author. Cultural codes in these four short stories have cultural elements such as belief systems, community systems and living livelihood systems. Values in four short stories consist of moral values, social values and religious /religious values. Quantitative data seen from the aspect  of  student analysis results  with the  highest score of  90 and the lowest  score 50. Furthermore, based on the analysis of language code, literary code and cultural code on the short story and the criteria of the selection of teaching materials, as well as the thought of lecturers, Reliable as a material or teaching material because it contains values based on the results of the analysis.

Keywords:Language Code, Literature Code, Culture Code, and Course Matter.