DETAIL ARTIKEL 7 No 2 (2017)


PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI IDE POKOK DALAM ARTIKEL DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 2 BANDUNG

Penulis :
Rendy Triandy


ABSTRAK

Membaca  merupakan  salah  satu  aspek  penting  dalam  proses  komunikasi.  Membaca  dapat membuat seseorang lebih mengenali kemampuan dan potensinya. Tetapi seringkali siswa kesulitan menemukan ide pokok dalam kegiatan membaca. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian pembelajaran mengidentifikasi ide pokok dalam artikel dengan metode inquiry pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peneliti melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi  ide pokok dalam artikel dengan metode inquiry, mengetahui kemampuan siswa kelas X SMA Pasundan 2 Bandung dalam mengidentifikasi ide pokok dalam artikel dengan metode inquiry, dan mengetahui ketepatan metode inquiry digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi ide pokok dalam artikel pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya terbukti bahwa metode inquiry tepat digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi ide pokok pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Bandung dengan hasil perhitungan statistik thitung sebesar 5,1, ttabel sebesar 2,04 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 29.

Kata kunci: Metode Inquiry, Ide Pokok, Teks Artikel

 

ABSTRACT

Reading is an important aspect of the communication process. Reading can make a person more recognize ability and potential. But it is often difficult for students to find main ideas in reading activities. Based on the above, the research of learning to identify the main idea in the article with the method of inquiry on the students of class X SMA Pasundan 2 Bandung. This study aims to determine the ability of the authors to implement learning to identify the main ideas in the article by inquiry method, knowing the ability of  students of  class X SMA Pasundan 2 Bandung in identifying the main idea in the article by the method of inquiry, and know the accuracy of inquiry method used in learning to identify the main idea in the article in the class X students of SMA Pasundan 2 Bandung. The research method use is quasi  experimental method  with  research technique of literature study, observation, experiment, and test. The results of his research proved that the appropriate method of inquiry is used in the learning of identifying the main ideas in the class X students of SMA Pasundan 2 Bandung with the result of statistical calculation t count of 5.1, ttable of 2.04 at 95% confidence level, and db of 29.

Keywords: Inquiry Method, Main Idea, Article Text